Beberapa Model Network Attached Storage atau NAS

Pentingnya storage jaringan

Salah satu sumber daya jaringan yang sangat berguna adalah berbagi storage atau ruang penyimpanan file atau dokumen apapun agar bisa di share dan diakses lewat jaringan dengan pengaturan system keamanan akses yang memadai. Secara tradisional file storage tergabung dalam suatu server dengan operating system tertentu baik Windows server; Linux ataupun lainnya. Technology berkembang, server jaringan mengalami evolusi sehingga ruang penyimpanan sudah berdiri sendiri dalam suatu paket khusus yang bisa diletakkan dalam jaringan dan bisa diakses lewat jaringan yang disebut dengan Network Attached Storage (NAS).




 
Network attached storage merupakan salah satu pilar pembentuk infrastruktur jaringan ruang penyimpanan dalam suatu data center sekarang ini. Technology NAS berkembang untuk memenuhi kebutuhan akan ruang penyimpanan dalam jaringan dari kebutuhan kelas rumahan sampai kebutuhan ruang penyimpanan departemen dalam suatu jaringan skala bisnis yang besar atau kelas enterprise yang bisa berkapasitas puluhan Terabyte data.

 

Apa sih Network Attached Storage itu?

Network attached storage (NAS) adalah suatu computer yang dikhususkan untuk memberikan akses file dan storage dalam suatu jaringan client server dimana komponen utamanya adalah khusus dibuat dari pabriknya terdiri dari hardware dan software yang sudah terinstall dan dioptimalkan untuk keperluan akses file dalam jaringan computer. NAS itu seperti layaknya file server juga yang memiliki processor, memory (RAM), OS dan juga adapter interface jaringan Ethernet.

 

Konsep NAS

Secara garis besar network attached storage dibangun seperti pada diagram 1 dibawah ini Dimana NAS terdiri dari NAS server, NAS storage dan NAS network.

 

Diagram network attached storage

Gb 1 Diagram NAS

Kemajuan technology NAS telah membuat kita dimanja dengan kemudahan-kemudahan dengan adanya NAS yang sudah dikemas dengan solusi plug and play, tinggal colok saja ke jaringan dan beberapa utility setting dan konfigurasi yang sangat mudah.

 

Penggunaan NAS

Penggunaan network attached storage tidak terbatas pada kebutuhan jaringan kelas bisnis ataupun enterprise, sekarang ini NAS sudah banyak tersedia dipasaran yang ditujukan untuk kebutuhan jaringan kecil rumahan atau SOHO, kantor kecil rumahan.

Secara  umum NAS baik untuk kebutuhan rumahan ataupun jaringan skala bisnis enterprise bisa dirangkum seperti berikut:

  • NAS adalah solusi server khusus storage yang memang dioptimalkan untuk penggunaan input output file dengan menggunakan jaringan computer yang ada tentunya dengan menempelkan pada jaringan berbasis topology Ethernet
  • Dengan meningkatnya kebutuhan akan kapasitas ruang penyimpanan, NAS adalah solusi paling gampang untuk memenuhi kebutuhan akan perkembangan ruang penyimpanan bisnis anda
  • NAS dengan system bawaan dari vendor khusus dikhususkan dan dioptimalkan dengan menggunakan Real Time Operating System (RTOS) dalam kernel system NAS
  • Anda perlu memperhatikan perkembangan akan kebutuhan storage anda utamanya NAS dalam jumlah besar dalam jaringan karena bisa semakin rumit administrasinya

 

Berbagai model NAS

Berikut ada beberapa model network attached storage yang ada dipasaran baik untuk kebutuhan rumahan ataupun kebutuhan bisnis jaringan kecil menengah anda.

 

NETGEAR ReadyNAS Ultra 2 Plus (Diskless) NAS RNDP200U

NETGEAR ReadyNAS Ultra 2 Plus (Diskless) NAS RNDP200U

Gb 2. NETGEAR ReadyNAS Ultra 2 Plus (Diskless) NAS RNDP200U

Netgear RNDP200U adalah salah satu storage yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan storage pada jaringan kita baik untuk rumahan atau kantoran kecil menengah. Dibesut oleh processor Intel Atom dual core processor 1.8GHz cukup powerful untuk kebutuhan jaringan anda. Dilengkapi dengan dua ruangan agar bisa memuat dua hard drive SATA 3.5 inchi. NAS ini dilengkapi dengan NETGEAR Ultra 2 plus data-backup services yang memudahkan anda melakukan strategy backup yang memadai.

Untuk memudahkan kita menghubungkan kedalam jaringan computer yang ada, piranti NAS RNDP200U ini dilengkapi dengan interface Gigabit Ethernet adapter. Untuk memudahkan transfer data dari perangkat USB, RNDP200U ini dilengkapi dengan satu port USB 3.0 yang sangat cepat (10x kali lipat dibandingkan USB 2.0) dan juga dua buah port USB 2.0.

 

Synology DiskStation 2-Bay (Diskless) NAS DS212

Synology DS212 juga salah satu dari sekian banyak piranti NAS yang ada yang juga cocok untuk rumahan sampai jaringan bisnis kecil menengah. Dibanding dengan Netgear diatas, Synology dilengkapi dengan dua buah port USB 3.0 dan satu port USB 2.0, SD Card serta port Ethernet Gigabit. DS212 ini dibesut dengan processor 2.0 GHz, memory DDR3 512MB serta internal HDD/SSD SATA dengan maksimum kapasitas sampai 8TB (2x4TB).

Lihat juga artikel:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.