Beberapa Fitur Keren Windows 10

Microsoft bakal merilis versi Windows baru yang seyogyanya adalah seri 9 sebagai penerus Windows 8, kini seri yang akan dirilis pertengahan tahun 2015 ini adalah Windows 10. Angka sepuluh ini diharapkan angka sempurna dari fitur terbaik Microsoft yang pernah dirilis sebelumnya, semoga sich.

Apa saja fitur kerennya?

Sebelum kita bahas beberapa fitur keren dari Windows 10 ini silahkan simak video perkenalan dari OS baru dari produk Microsoft ini yang bakal dirilis pertengahn tahun ini. Anda sudah bisa mengunduh versi preview dari Windows 10 ini untuk melihat kecanggihan versi ini, coba saja tentunya di PC versi developer bukan PC live anda.

karena dari fitur baru ini lebih condong untuk kebutuhan bisnis atau korporasi disamping untuk consumer juga. Tentu saja versi Windows ini bisa mendukung jaringan Windows 2012 server dengan Hyper-V nya untuk menunjang windows client. Kelak Windows 10 ini diharapkan menjadi pengganti windows clients pada jaringan computer di perusahaan atau enterprise sebagai pengganti Windows XP yang sudah mati.

 

Berikut 10 fitur Windows 10

  1. Kembali ke tombol Start

Bagi mereka yang sebelumnya bekerja dengan Windows 7 kemudian beralih ke Windows 8, rasanya ada yang aneh dan seakan belajar lagi untuk mengenal Windows 8 dengan system live tile di layar. Kini Microsoft mengembalikan system tombol Start pada Windows 10 seperti versi Windows sebelumnya pada Windows 7 atau versi yang lebih rendah.

Windows 10 - Start

Versi 10 ini membawa kembali layar Start pada Windows 8.1 mirip sperti tombol Start versi lama ditambah live tile yang bisa diubah ukurannya.

  1. Task View baru

Task Switcher pada Windows 8 telah dibuang dan diganti dengan Task View baru yang memungkinkan user beralih atau men-switch dari satu virtual desktop ke lainnya dan tentunya masih bisa menggunakan tombol Alt +Tab. Sebagian besar orang tidak menggunakan task switcher ini, dan mereka lebih memilih Taskbar dibawah daripada task switcher ini.

  1. Command prompt model baru

Command prompt pada Windows 10 sekarang bisa menggunakan shortcut keyboard, jadi anda bisa menggunakan paste pada command. Kelihatan sederhana akan tetapi bagi anda yang banyak berkecimpung dalam script atau apapun yang berhubungan dengan command prompt keberadaan shortcut terutama copy paste adalah sangat membantu.

  1. Perbaikan pada Windows Explorer

Lokasi Home yang baru adalah default dari Windows Explorer. Ada juga tombol Share pada taskbar Windows explorer.

  1. Continum

Salah satu yang khusus adalah fitur Continum. Apa ini? Yaitu suatu moda on-the-fly pada perangkat 2 in 1 yang bisa mendeteksi perubahan moda dari perangkat dengan keyboard kemudian tiba-tiba dicabut. Misal jika tiba-tiba keyboard pada perangkat anda dicabut maka akan muncul tombol back untuk memudahkan anda melakukan navigasi dengan touch layar.

 

  1. Windows 10 Universal apps

Untuk kebutuhan belanja apps anda disajikan dengan Store Apps model baru yang disebut dengan Windows Universal Apps sebagai pengganti atau nama baru dari Metro apps/Modern apps/Windows Store apps. Universal karena Windows 10 akan berjalan disegala jenis perangkat dari Windows Phone sampai server dan hanya ada satu App Store yaitu universal Windows Apps.

  1. Modern Universal apps mengambang di Desktop

Universal apps yang baru juga bisa di desktop dan mengambang dalam Windows nya sendiri. Modern apps yang di desktop ini mempunyai suatu icon untuk beberapa opsi yang menggantikan command-command yang dulunya ada disisi sebelah kanan layar.

WIndows 10 - floating

  1. Banyak apps untuk business and Enterprise

Rilis Windows 10 ini diharapkan Microsoft untuk menarik banyak kebutuhan bisnis dan enterprise lebih dari yang pernah dilakukan oleh Windows 8. Versi Windows 10 ini memang akan mempunyai banyak fitur untuk bisnis dan enterprise termasuk diantaranya store yang bisa dikustomisasi dan perlindungan data korporasi yang lebih kuat.

  1. Cortana

Microsoft juga akan mengusung Cortana yang merupakan asisten digital pada mobile phone kepada desktop juga. Walaupun sudah ada memang pada Windows 8.1, suatu fitur seperti yang ada pada Siri pada Apple dan juga Google Now pada perangkat mobile Android.  Cortana pada desktop juga sebagai lokasi pusat pencarian pertanyaan apa saja di local PC anda, dan juga di Web baik melalui suara maupun ketikan. Untuk mengaktifkannya lewat suara anda cukup bilang “hey cortana”.

  1. Setting

Setting app yang baru akan menggantikan “Control Panel” yang merupakan lokasi sentral untuk mengelola dan mengatur semua tentang computer anda seperti halnya pada perangkat mobile sebut saja pengaturan display, jaringan, accounts, personalisasi Windows update dan masih banyak lagi seperti control panel. Dan setting ini akan selalu konsisten pada perangkat Windows apapun termasuk mobile.

Semoga bermanfaat, Wassalaam.

Ki Grinsing

Artikel terkait:

  1. Mac atau PC mana pilihan terbaik anda
  2. Windows 8 pada smartphone Vs iPad
  3. Membuat website pribadi dengan WordPress

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.