Bagaimana Komunikasi Jaringan Komputer

Memahami bagaimana Jaringan Komputer berkomunikasi adalah sangat membantu kita dalam kelak membangun suatu jaringan computer yang lebih detail, ini adalah salah satu pilar juga untuk bisa melakukan troubleshooting suatu jaringan computer.

Komunikasi Jaringan Komputer

Ibarat seseorang yang mengirim surat kepada sahabatnya dengan suatu alamat di suatu kota di bagian propinsi lain, surat akan sampai kepada penerima dengan alamat rumah yang jelas. Suatu alamat rumah adalah unik dalam suatu kota, ada nama jalan, kota, propinsi dan kode pos.




 

Bahasa yang sama

Surat akan bisa di mengerti dan difahami oleh si penerima jika si pengirim menggunakan bahasa yang sama juga.

Dengan bahasa yang sama maka tidak diperlukan lagi penterjemah, sehingga komunikasi menjadi lebih cepat dan bahkan menghilangkan salah tafsir dan salah pemahaman. Begitu juga jaringan computer.

Identitas komputer

Suatu komputer dalam jaringan juga mempunyai identitas diri yang ditandai dengan IP address yang unik dalam suatu subnet jaringan local area network (LAN). IP address adalah ibarat nomor rumah dengan subnet jaringan sebagai nama jalan dalam suatu LAN.

Dua komputer yang saling berkomunikasi juga harus menggunakan bahasa yang sama agar bisa saling dimengerti. Protocol adalah bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi antar komputer, dalam hal ini yang paling umum adalah protocol TCP/IP yang sudah menjadi standard protocol bahasa computer dipakai secara luas.

 

Gb. 1 Komunikasi antar dua computer

Identitas suatu komputer menggunakan nama komputer (host name) dan IP address yang masing-masing harus unik dalam suatu subnet jaringan. Misal Komputer A dinamai Peterpan dengan IP address 192.168.1.1, kita sebagai manusia akan lebih mudah mengingat nama Peterpan daripada mengingat IP address 192.168.1.1.

Penterjemah IP~ Nama

Untuk itulah ada mekanisme penterjemah dari nama-nama ke IP address dan sebaliknya dari IP address ke nama-nama yang disebut sebagai DNS (domain name system). Jika kita mengetikkan suatu alamat di browser internet misal https://twitter.com/ maka system DNS akan menterjemahkan ftwitter.com ini menjadi IP address (misal 69.171.229.11). Kita akan lebih mudah mengingat twitter.com daripada IP address servernya 69.171.229.11.

IP address public

Suatu jaringan local ibarat sebuah kota. Masing-masing komputer mempunyai IP address private yang unik dalam suatu jaringan local. Jika ada beberapa jaringan local yang terpisah lintas kota atau lintas Negara, maka mereka bisa saling berkomunikasi antar jaringan yang lazim disebut sebagai Wide Area Network (WAN).

Setiap LAN yang terkoneksi ke jaringan WAN mempunyai identitas sendiri yang berupa IP address juga akan tetapi IP addressnya adalah IP public yaitu IP address yang terdaftar dan harus unik diseluruh dunia. IP address public ini diberikan kepada router sebagai ujung jaringan LAN yang menempel ke jaringan public (Internet).

Masing-masing LAN juga saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang tersendiri juga yaitu protocol WAN yang memungkinkan kedua router yang saling berhubungan bisa saling berkomunikasi.

Gb. 2 Komunikasi antar LAN dan penggunaan IP address private dan public

Apakah jaringan kecil di rumah juga memerlukan DNS server?

Kalau kita berlangganan Internet dirumah, maka DNS servernya numpang ke penyedia layanan internet (ISP). Jadi setiap pencarian nama-nama akan diterjemahkan oleh DNS server yang ada di ISP. Lagi pula, dalam system jaringan berbasis Windows XP sampai Windows 10, jaringan komputer Workgroup local antar PC di rumah TCP/IP protocol menterjemahkan nama -nama kedalam IP address.

Untuk pelanggan internet dirumah, biasanya konfigurasi TCP/IP di computer diset automatis dimana masing2 komputer mendapatkan IP address automatis dari modem router yang ada. Gateway biasanya mengarah kepada ip address router di bagian private sementara DNS juga akan mendapatkan DNS dari penyedia jasa internet (ISP) misal Telkom.

Semoga bermanfaat, salam KG

Lihat juga artikel terkait:




You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.