Berbagai Jenis Antenna Wireless

Apa saja jenis-jenis antenna untuk memperkuat sinyal wireless baik untuk wireless router, wireless access point atau perangkat wireless lainnya?

 Pendahuluan

 

Salah satu komponen penting dalam jaringan wireless adalah antenna wireless. Bagaimana anda tahu wireless antenna yang mana yang paling baik dalam peran nya? Tentunya bukan yang paling baik, akan tetapi sesuai dengan kebutuhan – kapan harus membutuhkan jenis antenna yang mana. Berikut ada artikel menarik tentang antenna wireless, walaupun saya bukan ahli dalam antenna akan tetapi artikel ini tidak terlalu dalam, jadi cocok buat menambah pengetahuan tambahan tentang jaringan wireless.




 

Amplifier yang menambah power

Sudah menjadi kepercayaan bahwa antenna wireless tidak akan memberikan signal lebih kuat kecuali di berikan amplifier. Akan tetapi satu cara yang paling efektif untuk menambah range dari wireless router atau wireless access point atau wireless clients adalah menambah antenna external. Selanjutnya akan kita sebut saja wireless access point (AP) karena wireless router itu sendiri mempunyai fungsi sebagai wireless AP.

 

Berbagai jenis antenna

Antenna wireless external membentuk focus dari signal yang ada menuju kesuatu arah tertentu, hampir mirip seperti yang kita lihat pada lampu beam motor kita dimana sinar dari lampu di fokuskan dengan cerobong lampu itu sendiri sehingga menggarah kedepan – tidak menyebar kesegala arah. Pada intinya kekuatan lampu tetap, tidak ditambah akan tetapi kekuatan tersebut diarahkan kesuatu arah tertentu saja tidak menyebar kesegala arah. Semua wireless antenna sebenarnya agak mengarah, dan ukuran arah kekuatan ditunjukkan dengan Gain. Umumnya semakin tinggi gain dari antenna wireless, semakin bagus range nya dan tentunya semakin mahal harganya.

Ada beberapa jenis antenna secara umum yang cocok untuk frekuensi gelombang mikro. Masing-masing berfungsi dengan bagus menurut aplikasinya sendiri, dan perlu diketahui bahwa tidak ada satu jenis wireless antenna yang paling bagus untuk segala aplikasi. Jadi saat anda berbelanja membeli suatu jenis antenna, pastikan terlebih kebutuhan anda untuk pola radiasi yang bagaimana yang cocok untuk kebutuhan anda.

Anda seharusnya merencanakan tujuan anda didepan, dan configure jaringan anda agar memenuhi tujuan anda tersebut. berikut akan dijelaskan beberapa jenis antenna yang secara kasar diurut berdasarkan kenaikan gain.

 

Jenis Antenna Omni

Antenna jenis directional-Omni memancar kearah luar dengan arah horizontal yang sama secara kasar. Kita misalkan adalah sebuah donat yang diletakkan dipusat batang Omni. Seperti itulah pola pancaran signal Omni mengarah kesegala arah seperti pola donat. Omni sangat bagus untuk mengcover areal yang luas dengan asumsi anda tidak tahu dari mana arah client wireless berasal. Kelemahannya yach jelas dia menerima noise dari segala arah juga, jadi umumnya tidak seefektif seperti jenis yang lebih mengarah.

Jenis antenna Omni

Gb 1 Jenis Antenna Omni

Gambar 1 adalah jenis antenna Omni yang berkisar dari jenis yang tipis tinggi, sampai dari jenis yang diletakkan diatas gedung.

Seperti kita lihat pada gambar 1, jenis antenna wireless Omni tampak memanjang tinggi, galah kurus (bisa beberapa inci sampai beberapa meter panjangnya), dan bisanya cenderung mahal. Semakain panjang, semakin banyak elemen (biasanya semakain besar gain nya semakin mahal).

Wireless antenna kecil standard dikemas pada kebanyakan wireless router / wireless AP seperti pada DIR-855 D-Link wireless router. Jenis antenna wireless biasanya di kemas secara vertical, akan tetapi beberapa jenis wireless router mengemasnya secara internal dan tidak nampak kesan vertical dengan teknologi yang mereka miliki seperti pada WRT610N Wireless router. Gain antenna wireless Omni mengarah horizontal dan berkurang kearah vertical (ingat pola donat). Ini berarti tempat yang paling jelek justru persis dibawah dan diatas Omni wireless antenna ini. Jika anda bergeser dari arah vertical ini menjauhi Wireless AP anda, maka gain akan menguat secara dramatis.

Salah satu produk antenna Omni yang dijual dipasaran saat ini adalah TP-link TL-ANT2415D. Antenna ini untuk single band 2.4GHz dengan penguatan 15dBi yang merupakan jenis antenna Outdoor dengan jenis Omni Directional antenna.

 

Jenis Sectoral

Jenis Sectoral ada beberapa macam paket, dari Omni pipih (memanjang tinggi, kurus, dan persegi) sampai persegi flat kecil atau bulatan.

Jenis antenna Sectoral bisa juga di pasang di langit-langit gedung untuk memberikan akses ke sebuah ruangan tunggal seperti meeting room, ruang kelas, atau aula. Seperti juga halnya dengan jenis Omni, harga biasanya sejalan dengan Gain nya. Gambar 2 menunjukkan antenna jenis sectoral yang cenderung flat dan tipis.

jenis antenna sectoral

Gb 2 Jenis sectoral

Jenis sectoral ini cocok untuk mengarah kesuatu areal dengan radiasi selebar 180 derajad sampai sesempit yang anda perlukan. Sectoral memberikan signal dalam aplikasi point-to-point ataupun point-to-multipoint, dimana beberapa clients akan mengakses jaringan wireless dari arah tertentu saja.

 

Antenna Yagi

Seperti terlihat pada gambar 3, suatu antenna wireless jenis Yagi Nampak seperti antenna televise aerial. Beberapa antenna Yagi adalah terbuka seperti pohon natal, dan mengarah kearah datangnya signal komunikasi. Sementara lainnya ada juga yang dipasang pada kaleng horizontal memanjang. Jenis antenna wireless Yagi bisa bekerja dengan bagus pada aplikasi point-to-point atau point-to-multipoint dan biasanya mempunyai Gain yang lebih bagus dibandingkan wireless antenna sectoral.

Lebar pancaran sinyal bisa bervariasi dari 15 derajad sampai selebar 60 derajad, tergantung jenis antenna wireless nya. Seperti halnya wireless antenna Omni, menambah element akan juga menambah Gain, antenna menjadi lebih panjang, dan juga tentunya lebih mahal.

 

jenis antenna Yagi

Gb 3 Antenna Yagi

 

Jenis Parabolic

Jenis antenna parabolic merupakan kebalikan dari wireless antenna Omni. Ketimbang mengkover areal yang luas, sebuah antenna Disc focus pada suatu areal yang sempit. Jenis Disc antenna wireless ini mempunyai Gain yang paling bagus dan lebih mengarah dibandingkan jenis lainnya. Jenis disc ini sangat cocok untuk keperluan point-to-point komunikasi, dan tidak cocok untuk aplikasi selain point-to-point. Banyak jenis USB adapter wireless dengan Hi-Gain antenna dari produk Hawking, misal Hi-Gain Wireless-300N USB Network Dish Adapter.

 

Jenis antenna parabolic

Gb 4 Jenis antenna parabolic

 

Gambar 4 menunjukkan antenna wireless berupa anyaman elemen metal atau kawat, walau jenis yang solid kokoh juga ada seperti antenna directional dari Hawking. Disc bisa sekecil 18” bentangan sampai selebar yang anda kehendaki. Kalau dihitung Gain dibanding harga, jenis Disc ini biasanya akan lebih murah. Sebenarnya masalah Gain, untuk yang jenis anyaman tidak ada hubungannya dengan yang jenis solid padat, malah yang jenis solid padat akan menambah beban kalau kena angin.

Salah satu produk antenna parabolic ditawarkan oleh TP-link yaitu TL-ANT5830B yang merupakan outdoor grid parabolic dengan penguatan sampai 30dBi dan  untuk single band 5GHz.

Waveguide dan Antenna kaleng

Rancangan Wireless antenna yang popular adalah waveguide (suatu cylinder kosong panjang dari metal). Antenna kaleng buatan sendiri dirumah bisa dibuat yang bisa menawarkan Gain yang lumayan tinggi dengan sedikit usaha. Waveguide mirip seperti pipa air, bisa berupa kotak atau kaleng kosong didalamnya kecuali radiator (emisi radiasi gelombang) kecil. Gambar 5 menunjukkan sebuah design antenna wajan bolic yang banyak dibikin dipasaran kita.

Jenis waja bolic antenna

Gb 5 Jenis antenna dari Wajan atau kaleng

Antenna wireless dari Kaleng bekas atau kaleng bola tenis adalah antenna waveguide yang sederhana. Sebuah waveguide persegi panjang dapat berfungsi seperti sebuah wireless antenna Omni atau Sectoral tergantung konstruksinya.

Saat kita memperkirakan jenis antenna yang akan kita butuhkan untuk instalasi tertentu, akan sangat membantu jika kita punya gambaran project site kita. Sketsakan dimana anda akan install perangkat anda dan ketahui dari arah mana clients wireless anda datang. Juga perhitunkan halangan seperti tembok yang mengandung metal, pohon disepanjang garis sinyal dan sebagainya. Hal ini membantu anda dalam meletakkan wireless access point anda secara optimal.

Lihat juga artikel pertimbangan instalasi wireless.

Misal, jika anda mencoba mengcover suatu ruang kantoran yang luas dimana ditengah ada halangan misalkan elevator (yang banyak metal nya), memasang antenna sectoral disisi ujung ruangan mengarah kedalam akan menjadi lebih masuk akal ketimbang memasang wireless access point anda di tengah ruangan dengan antenna Omni.

Atau misalkan saja anda ingin menembak jarak jauh dimana ada pohon tepat ditengahnya atau gedung, daripada harus memasang antenna dengan Gain tinggi melewati pohon / gedung lurus melaluinya, ada baiknya membelokkan sinyal dengan menambahkan satu hop lagi agar sinyal menikung lewat pantulan satu hop antenna. Mengetahui perkiraan pola radiasi sinyal dan Gain dari antenna wireless anda didepan akan lebih membantu anda focus dalam mengarahkan sinyal, sehingga anda bisa merencanakan jaringan wireless yang paling efficient.

Simak juga artikel:




You may also like...

1 Response

  1. edi musfikar says:

    PROPOSAL KERJASAMA

    Kepada Yth,
    CEO / Dirut (Pimpinan Perusahaan) Import Dept.
    Salam Sejahtera,
    Kami dari PT. ISTANA MEGAH PRATAMA, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarder untuk Pengurusan import di Kepabeanan (PPJK) baik Via Laut maupun Via Udara, UNDERNAME,All In dan Borongan, dan melayani Domestik jasa pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, kami berkeinginan untuk memperkenalkan Perusahaan kami kepada Perusahaan Bapak/Ibu, dengan harapan akan menjalin kerjasama dalam pengembangan untuk pengurusan Export Import dan Domestik khususnya dalam proses di Kepabeanan dan Transportasi.

    PT.ISTANA MEGAH PRATAMA, melayani kebutuhan transportasi untuk tujuan sbb:
    1. Sumatra, Jawa dan Bali : Darat,Laut dan Udara
    2. Indonesia Timur : Laut dan Udara

    Kami juga menyediakan UNDERNAME, All In (Borongan) bagi Import yang belum memiliki Licency berdasarkan Commodity.

    Licency Import dari kami diantaranya:
    1. API-U, SRP / NIK
    2. UNPICK (Electronik, Mesin dan Toys),
    IT (Makanan , Alkes, Besi / Baja)

    Wilayah Kerja UNDERNAME / All IN,
    1. Pelabuhan Jakarta 2. Pelabuhan Lampung
    3. Pelabuhan Semarang 4. Pelabuhan Surabaya

    Demikianlah proposal kerjasama, Jasa & Transportasi yang dapat kami ajukan, besar harapan kami bila sudikiranya Bapak/Ibu menjadikan kami sebagai salah satu mitra kerjasama yang baik,
    Atas segala perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

    Jakarta; 23-Des-2013
    Hormat kami,

    EDDI M
    PT. ISTANA MEGAH PRATAMA.
    Office : Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok C-2
    : Jl. Letjend Suprapto, Cempaka Putih Jakarta Pusat 10640
    Mobile : 0852 8422 2226
    Phone : 021- 4288 4861
    Email : info.exim1@gmail.com

    WE OFFERING TRANSPORTION SPECIALITY SERVICE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *