Akhirnya Apple iOS 6 Diluncurkan

By Ki Grinsing

Pendahuluan

iOS 6 kini sedang ada didepan mata. Apple beberapa hari yang lalu pada tepatnya tgl 20 Sep 2012 seperti yang telah dijanjikan, merilis versi baru dari sistem operasi yang merupakan kekuatan platform dari iPad, iPhone, dan iPod touch.

New Apple iOS 6

Bisa diupgrade?

Apakah produk Apple dengan OS sebelumnya seperti iOS 5 dan sebelumnya bisa diupgrade ke versi terbaru ini? Begitu seperti dikabarkan, dan bahwa Anda dapat meng-upgrade ke iOS 6 dalam beberapa cara.

Opsi pertama

Opsi pertama bisa anda lakukan dari perangkat Anda sendiri: Jalankan app Settings, tap General, kemudian tap Software Update, kemudian ikuti petunjuk di layar untuk men-download dan menginstal software iOS 6 ini. Tampaknya gampang dan tidak terasa sulit bukan?

Opsi kedua

Opsi kedua adalah dengan cara umum yaitu dengan menambatkan pada komputer: Hubungkan perangkat IOS ke iTunes dengan kabel USB, dan dengan menggunakan komputer Anda untuk men-download dan menginstal update software iOS 6 ini.

Fitur baru

iOS 6 berisi berbagai macam ciri-fitur baru, akan tetapi tidak semua fitur tersebut semata-mata bisa jalan pada perangkat anda dengan baik. Rilis terbaru ini mungkin bisa dikatakan rilis yang paling banyak ragam fitunya sejauh ini, yang bisa jalan pada perangkat anda yang sekarang.

Gb 2. integrasi Facebook – bisa diakses melalui Siri pada perangkat yang kompatibel – ini adalah salah satu fitur baru di iOS 6.

Anda akan membutuhkan  iPad 2 atau versi yang lebih baru, iPhone 3GS atau yang lebih baru, atau iPod touch generasi ketiga atau yang lebih baru untuk meng-upgrade ke iOS 6. Akan tetapi untuk iPad generasi asli pertama dan iPhone yang lebih tua dan iPod touch tidak memenuhi syarat untuk bisa diupgrade ke versi iOS 6 ini.

iOS integrasi e facebook

 

Banyak applikasi baru

Daftar fitur lengkap dari upgrade di iOS 6 mencakup aplikasi Maps yang dirombak total dengan navigasi built-in turn-by-turn, fungsi baru Siri seperti dukungan untuk meluncurkan aplikasi dan mendapatkan informasi film dan olahraga, integrasi systemwide Facebook mirip dengan integrasi iOS 5 pada  Twitter , dan tentunya menimbun update yang sudah ada, built-in aplikasi meliputi: berbagi Streams Photo, modus Panorama fotografi, FaceTime melalui selular, dan update ke Mail, Safari, App Store, Telepon, dan banyak lagi.

Siri (diucapkan / sɪri /) adalah asisten pribadi cerdas dan navigator pengetahuan yang bekerja sebagai aplikasi untuk Apple iOS. Aplikasi ini menggunakan user interface bahasa alami untuk menjawab pertanyaan, membuat rekomendasi, dan melakukan tindakan dengan mendelegasikan permintaan untuk satu set layanan Web. Apple mengklaim bahwa software ini menyesuaikan dengan preferensi individu pengguna dari waktu ke waktu dan memberikan hasil-hasil yang bersifat personal, dan melakukan tugas-tugas seperti mencari rekomendasi untuk restoran terdekat, atau mendapatkan arah jalan terbaik. Siri mendapatkan tempat yang lebih banyak dalam update iOS 6 ini.

Tentu saja, jika Anda meng-upgrade ke iOS 6 dari iPhone 3GS, Anda akan kehilangan navigasi turn-by-turn dan modus flyover baru pada Maps, berbagi Streams Photo, FaceTime, Siri, Panorama, dan Daftar Bacaan Offline baru Safari.  iPhone 4 mendapatkan akses ke berbagi Streams Foto dan Daftar Bacaan Offline, namun pada selular dan Siri akan kehilangan fitur turn-by-turn, Flyover dan FaceTime.

IPhone 4S dan akses iPhone 5 mendapatkan keuntungan terhadap semua fitur baru iOS 6. IPad 2 tidak mendapatkan fitur Siri, generasi ketiga dari iPad mendapatkan keuntungan akses ke asisten pengenalan suara di iOS 6. Panorama terbatas pada iPhone  4S dan iPhone 5, dan tidak bisa bekerja pada jenis iPad manapun. FaceTime lewat cellular bisa jalan pada iPad generasi ketiga, tapi bukan pada iPad generasi kedua.

Gratis

Singkatnya: semakin baru perangkat iOS Anda, maka akan banyak fitur baru pada iOS 6 yang akan didukung. Tentunya pernyataan ini tidak lah mengherankan. iOS 6 gratis, yach memang gratis bisa anda download untuk meng-update software anda dari versi iOS sebelumnya.

Lihat juga artikel terkait:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.